PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP N 1 BUBULAN TAHUN AJARAN 2018/2019

HASANAH, PRASTIKA NUR (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP N 1 BUBULAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (630kB)

Abstract

ABSTRAK Nur,Prastika hasanah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP N 1 Bubulan tahun ajaran 2018/2019.Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Drs. Sujiran,M.Pd. (II) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci : Course Review Horay (CRH), Prestasi Belajar. Dengan paradigma baru, praktik pembelajaran akan digeser menjadi pembelajaran yang lebih bertumpu pada teori kognitif dan konstruktivistik. Pembelajaran akan berfokus pada kemampuan intelektual yang berlangsung secara sosial dan kultural, mendorong pemahaman siswa dan pengetahuannya sendiri dalam konteks sosial, dan belajar dimulai dari pengetahuan awal dan prespektif budaya. Agar dunia pendidikan mampu melahirkan manusia yang sesuai dengan tuntutan pembangunan maka sistem pendidikan Indonesia harus mempunyai kualitas pengajaran yang baik dimana peserta didik yang melakukan kegiatan belajar mengajar mempunyai niat dan semangat yang tinggi untuk belajar sehingga hasil belajarpun juga seperti yang diharapkan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh model pembelajaranCourse Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP N 1 Bubulan tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bubulan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII-C dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas ekperimendan kelas VIII-D dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilaiUTS siswa kelas VIII SMP N 1 Bubulan tahun pelajaran 2018/2019. Metodetes yang digunakan berupasoal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP N 1 Bubulan didapatkan Harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 2,86913. Besar derajat kebebasan dk = 58 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,00172. Didapatkan hasil bahwa harga thitung> ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar pokok bahasan kubus kelas VIII SMP N 1 Bubulan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:28
Last Modified: 27 Feb 2020 04:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item