Ningtiyas, Puji Astutik (2020) STRATEGI GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII DI MTs HIDAYATUL ATHFAL KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)
Text
JURNAL PUJI ASTUTIK.pdf Download (184kB) |
Abstract
Abstrak : Strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi pada siswa kelas VIII di MTs Hidayatul Athfal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi pada siswa kelas VIII di MTs Hidayatul Athfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan dalam bentuk kata-kata dan mendeskripsikan hasil temuan penelitian. Sumber data pada penelitian ini adalah seorang guru PPKn MTs Hidaytul Athfal Kalirejo Kecamatan Bojonegoro dan siswa kelas VIII yang berjumlah 5 siswa. Jumlah siswa dalam kelas tersebut di pilih peneliti karena sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan peneliti. Pada penelitian kualitatif peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan 3 cara untuk menganalisis data-data yang telah peneliti terima, yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu peneliti menampilkan data berbentuk narasi deskriptif dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi pancasila pada siswa kelas VIII MTs Hidayatul Athfal Kalirejo tahun pelajaran 2019/2020 melalaui beberapa strategi yaitu, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran heuristic dan strategi pembelajaran reflektif sehingga siswa dapat menanamkan nilai-nilai demokrasi pancasila untuk kegiatan kesehariannya yaitu didalam kelas, dilingkuan sekolahan, di lingkungan keluarga serta dapat diterapkan dalam lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Strategi guru, pembelajaran PPKn, menanamkan Nilai nilai Demokrasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 04:02 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 04:02 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
View Item |