PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN HANGING BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA KELAS VII SMPN 1 TEMAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEWI, DIANA (2019) PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN HANGING BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA KELAS VII SMPN 1 TEMAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Diana. 2019. Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantuan Hanging Board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Penyajian Data Kelas VII SMPN 1 Temayang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I)Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd (II) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata kunci: pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning), Hanging Board, Hasil Belajar. Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan perbedaan pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Hanging Board dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) tanpa berbantuan Hanging Board terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan penyajian data kelas VII SMPN 1 Temayang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dari 30 siswa kelas VIIB dan 30 siswa kelas VIID. Diambilnya dua kelas subjek tersebut adalah agar dapat membuktikan perbedaan pengaruh antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa melalui tes. Untuk mengetahui kevalidan data dalam hasil belajar siswa, maka peneliti melakukan uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas kontrol adalah = 49,67 dan rata-rata siswa kelas eksperimen adalah = dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,364 dan ttabel = 2,001, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Hanging Board berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning), Hanging Board, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:36
Last Modified: 27 Feb 2020 04:36
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item