Fidiyawati, Peni (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI POKOK KEBERAGAMAN SARA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SEKOLAH MTS HIDAYATUL ATHFAL KALIREJO TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)
Text
JURNAL PENI FIDIYA PPKN.pdf Download (240kB) |
Abstract
Abstrak : Fidiyawati,Peni.2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Pokok Keberagaman SARA Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Di Sekolah MTs Hidayatul Athfal KalirejoTahun Ajaran 2019/2020 . Skripsi, Jurusan PPKn, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I).Heru Ismaya, M.H. Pembimbing (II).Novi Mayasari, M.Pd. Kata kunci : Pemecahan Masalah, Prestasi belajar, Keberagaman Penelitian ini dilaksanakan bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Pokok Keberagaman Sara Dalam Bhinneka Tunggal Ika Di Sekolah MTs Hidayatul Athfal Kalirejo berpengaruh terhadap kemapuan pemecahan masalah pendidikan Kewarganegaraan, 2) untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar terhadap siswa pada nilai mata pelajaran PPKn kelas VII MTs Hidayatul Athfal Kairejo Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian, antara lain 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh pada kelas VIII di MTs Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro tahun pelajaran 2019/20120, 2) Prestasi belajar berpengaruh terhadap siswa pada nilai mata pelajaran PPKN kelas VII di MTs Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020, dan 3) Penerapan model pembelajaran dan prestasi belahar berpengaruh terhadap siswa pada nilai mata pelajaran PPKn kelas VII di MTs Hidayatul Athfal Kalirejo tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 05:22 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 05:22 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1033 |
Actions (login required)
View Item |