ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

KHOIRIYAH, YUNI MAILIN (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Khoiriyah, Y. M. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Perbandingan Dan Skala Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S. Si., M. Pd. dan (II) Puput Suriyah, M. Pd. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Perbandingan Dan Skala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan perbandingan dan skala ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini diambil 4 dari 29 siswa kelas VII D MTs Tarbiyatul Islam Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dengan pemberian tes GEFT untuk menentukan gaya kognitif siswa. Subjek terpilih diberikan tes tulis pemecahan masalah materi perbandingan dan skala. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian di analisis untuk mendeskripsikan jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui faktor dari dalam diri siswa penyebab melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent memiliki kesalahan pemahaman, transformasi, proses, dan hasil. Sedangkan, subjek yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki kesalahan proses dan hasil. Secara keseluruhan tingkat kepahaman subjek gaya kognitif field independent lebih baik daripada subjek gaya kognitif field dependent berdasarkan hasil tes pemecahan masalah dan wawancara yang dilakukan peneliti. Faktor-faktor dari dalam diri siswa penyebab kesalahan siswa adalah tidak menuliskan hal yang di ketahui dan di tanyakan dalam soal, tidak terbiasa menuliskan rumus matematik, kurang berlatih soal-soal cerita dengan materi perbandingan dan skala, kurang menguasai materi perbandingan dan skala, tidak mengetahui prosedur penyelesaian yang harus di gunakan, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak menuliskan satuan, dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Perbandingan Dan Skala
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:23
Last Modified: 27 Feb 2020 08:23
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item