PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUBULAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SYAHRONI, M. EKO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUBULAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
bab1-3+sampul +pengesahan.pdf - Published Version

Download (919kB)

Abstract

ABSTRAK Syahroni, M. Eko. 2019. Prestasi Belajar Matematika Di Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Prestasi Belajar Matematika Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bubulan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 121 siswa yang terdiri dari 4 kelas yaitu VII-A, VII-B, VII-C dan VIID. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII -A dan VII-B. Kelas VII-A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen, teknik sampel yang digunakan yaitu teknik acak atau random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan ɑ = 0,05. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,956 > 1,999, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi perbandingan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bubulan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:30
Last Modified: 27 Feb 2020 08:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item