ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 BOJONEGORO

Junarti, Junarti (2014) ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 BOJONEGORO. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2014, Tuban, Indonesia.

[img] Text
17---, MAKALAH SEMINAR UNIROW TUBAN 2014, fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi rata-rata kemampuan matematika siswa SMK Kelas X Akutansi dengan standar Minimal (KKM) adalah 70, untuk menguji signifikansi kesesuaian dalam memberikan pendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika, untuk mengukur sejauhmana faktor yang mendominasi dalam mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa SMK kelas X Akutansi PGRI 2 Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Dengan Tektnik Cluster random sampling diperoleh dua kelas kelompok sampel yang berjumlah 40 siswa dengan rincian 20 siswa kelas X Ak-1 dan 20 siswa kelas X Ak-2. Instrumen penelitian menggunakan teknik non tes dengan dokumentasi hasil nilai ulangan matematika dari guru matematika digunakan mendapatkan data hasil belajar matematika, sedangkan non tes menggunakan angket yang berjumlah 40 butir yang menjelaskan berbagai faktor muncul. Uji Statistik dalam penelitian ini adalah statistik parametris dengan uji t yakni untuk uji hipotesis deskriptif satu varibel, diperoleh hasil nilai rata-rata matematika pada kelas Ak-1 paling sedikit 70 atau lebih dari atau sama dengan 70 dan untuk kelas X Ak-2 diperoleh bahwa nilai rata-rata matematika tidak paling sedikit 70 atau kurang dari 70. Untuk uji signifikansi kesesuaian kelas X Ak-1 dan X Ak-2 dalam menyampaikan pernyataan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika yang dialami digunakan uji korelasi Spearman Rank diperoleh secara signifikan antara kelompok AK-1 dan AK-2 dalam memberikan pendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika. Sedangkan untuk uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t diperoleh tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kemampuan kelas X Ak-1 dan kelas X Ak-2. Kata kunci: Kemampuan, Belajar, dan Faktornya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with username junarti
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:13
Last Modified: 19 Nov 2020 02:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item