ANALISIS KESALAHAN PENALARAN MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LUTFI, M. KHOIRUL (2019) ANALISIS KESALAHAN PENALARAN MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SAMPU+PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Khoirul Lutfi, M. 2019. “Analisis Kesalahan Penalaran Matematis Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Limas Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan Penalaran Matematis, Luas Permukaan Dan Volume Limas. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kesalahan penalaran matematis pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Balen kelas viii e. Pemilihan sampel menggunakan metode sample bertujuan (Purosive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis kesalahan penalaran matematis dari 8 subjek dengan inisial IF, FA, MI, MA, JS, HF, MD, HJ. Analisis data menggunakan metode tes dan metode wawancara serta uji keabsahan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) subjek pada memperkirakan jawaban dan proses solusi, subjek tidak dapat menduga volume air di dalam kubus yang di dalamnya di masukkan piramida dengan ukuran tertentu. 2) subjek pada menganalisis pernyataan-pernyataan serta memberikan penjelasan/alasan yang dapat mendukung atau bertolak belakang, subjek tidak dapat memeriksa jawaban atau pendapat atas pernyataan yang berkaitan dengan jaring-jaring limas. 3) subjek pada mempertimbangkan validitas dari argumen yang menggunakan berpikir deduktif atau induktif, subjek tidak dapat menunjukkan bukti kebenaran/ketidakbenaran tentang selisih volume limas sebelum dan sesudah mengalami perpanjangan, jika panjang rusuk alas mengalami perubahasan. 4) subjek pada menggunakan data yang mendukung untuk menjelaskan mengapa cara yang digunakan serta jawaban adalah benar atau salah dan memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat dan hubugan, subjek masih salah dalam menyajikan alasan dari pernyataan tentang kesamaan volume dari 3 buah limas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Penalaran Matematis, Luas Permukaan Dan Volume Limas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:28
Last Modified: 27 Feb 2020 09:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item