PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SEMESTER GENAP KELAS VII SMPN 1 KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUFIDA, SILVIANA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SEMESTER GENAP KELAS VII SMPN 1 KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SAMPUL, HAL. PENGESAHAN, BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Mufida,Silviana. 2019. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Semester Genap SMPN 1 Kasiman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Sujiran, M.Pd., (II) Dian Ratna Puspananda, M.Pd Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, berpikir kreatif, soal cerita, aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan pembelajaran pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penyelesaian soal cerita matematika pada pokok bahasan aritmetika sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kasiman dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika realistik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode tes yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan matematika realistik mempunyai pengaruh positif yang signifikan daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika realistik, berpikir kreatif, soal cerita, aritmatika sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:34
Last Modified: 27 Feb 2020 09:34
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item