ULFA, RODHIYAH (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SECARA SINGKAT PADA SISWA TUNA RUNGU KELAS VIII SMPLB TUTWURI HANDAYANI KAPAS BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SAMPUL+PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version Download (983kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa, Rodhiyah. 2019. “Analisis Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Tunarungu Kelas VIII SMPLB Tutwuri Handayani Kapas Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Program Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Agus Darmuki, M.Pd., (II) Cahyo Hasanudin, M.Pd. Kata Kunci : Menulis Teks Berita, Tunarungu Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi masih banyaknya siswa tunarungu kelas VIII SMPLB Tutwuri Handayani yang belum memahami tentang menulis teks berita secara singkat dari bentuk kalimat what, who, where, when, why, how. Setelah dipergunakan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita diharapkan siswa tunarungu lebih bisa memahami teks berita dari berbagai bentuk kalimat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk kalimat berita dari segi 5W (what, who,where, when,why) yang ditulis siswa kelas VIII yang diajar dengan menggunakan media gambar, (2) untuk mengetahui bentuk kalimat berita dari segi 1H (how) yang ditulis siswa kelas VIII yang diajar dengan menggunakan media gambar. Untuk mencapai tujuan, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan-temuan hasil penelitian kualitatif ini akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk kalimat berita dari segi what yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah struktur kalimat masih acak-acakan dan kalimatnya pendek-pendek, sehingga kurang jelas kejadian apa yang telah terjadi. Bentuk kalimat berita dari segi who yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah dalam pemilihan kata terlihat kurang tepat sehingga kurang jelas siapa yang menjadi subjek dalam kejadian tersebut, dan menggunakan kata-kata yang sederhana saja. Bentuk kalimat berita dari segi where yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah siswa masih kesulitan menyusun kata-kata dan kata-katanya masih sering dibolakbalik sehingga belum menunjukkan rangkaian lokasi dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi. Bentuk kalimat berita dari segi when yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah siswa kurang memperhatikan tata cara penulisan sesuai EYD dan kurang memberi preposisi “pada” ataupun “ketika”. Bentuk kalimat berita dari segi why yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah dalam menyusun struktur kalimat terlihat belum sesuai EYD, pemilihan katanya juga masih ada yang kurang tepat. Bentuk kalimat berita dari segi how yang ditulis oleh siswa tunarungu adalah siswa masih kurang memperhatikan struktur kalimatnya sehingga masih terlihat berantakan, dan siswa kurang memperhatikan penggunaan tanda baca yang tepat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Teks Berita, Tunarungu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Mrs Anita xx |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 02:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 02:50 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/132 |
Actions (login required)
View Item |