PENINGKATAN KETERAMPILAN MENUIS TEKS PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA IKLAN ADVERTORIAL PADA SISWA KELAS VIII B MTs AL-ROSYID BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AFIA, IKA NURIL (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENUIS TEKS PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA IKLAN ADVERTORIAL PADA SISWA KELAS VIII B MTs AL-ROSYID BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. Bab 1-3_Sampul_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (883kB)

Abstract

ABSTRAK Afia, Ika Nuril. 2019. Peningkatan keterampilan menulis teks persuasi melalui model kooperatif tipe Think, Pair, and share dengan media iklan advertorial pada siswa kelas VIII B MTs Al-Rosyid Bojonegoro tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) M. Sholehuddin, M.Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata Kunci: Menulis Teks Persuasi, Model Think Pair and share, Iklan Advertorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dengan media iklan advertorial. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs Al-Rosyid Bojonegoro. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes yang berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dengan media iklan advertorial dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil/produk keterampilan menulis persuasi dari pratindakan sampai siklus II. Pada peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari keaktifan dan antusias siswa yang terus meningkat dari siklus ke siklus. Peningkatan kualitas proses juga dapat dilihat dari kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kinerja guru dalam pembelajaran siklus I mencapai skor 19 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat mencapai skor 27 dengan kategori sangat baik. Pada peningkatan hasil/produk melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dengan media iklan advertorial dapat dilihat dari semakin banyaknya siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM (75). Peningkatan pada hasil kualitas tulisan siswa dilihat dari lima aspek penilaian, yaitu: 1) isi; 2) organisasi; 3) kosakata; 4) penggunaan bahasa; 5) dan mekanik. Pada pratindakan siswa yang telah mencapai ketuntasan sejumlah 10 siswa (36%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (57%), dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (93%).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Menulis Teks Persuasi, Model Think Pair and share, Iklan Advertorial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:18
Last Modified: 28 Feb 2020 03:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item