ANALISIS LEVEL PEMAHAMAN MAHASISWA DALAMMEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Nur Rohman, Nur and Anita Dewi Utami, ADU (2020) ANALISIS LEVEL PEMAHAMAN MAHASISWA DALAMMEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika.

[img] Text
ANALISIS LEVEL PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis level pemahaman mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan sifat fungsi. Penelitian ini dilakukan di IKIP PGRI Bojonegoro. Pemilihan sampel menggunakan metode sample (Purposive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis level pemahaman dengan subyek PSBMS1, PSBMS2, PSKT1, PSKT2, PSP1, PSP2. Analisis data menggunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data data triangulasi mode. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) Subyek pada level pemahaman sebagai kemajuan bentuk mengetahui sesuatu, bahwa subyek dapat memahami suatu fungsi bersifat bijektif atau tidak serta syarat fungsi bijektif harus memenuhi sifat injektif dan surjektif. Namun subyek belum mampu menjelaskan f dikatakan injektif maupun surjektif, 2) Subyek pada level pemahaman sebagai kemajuan terstruktur, bahwa subyek dapat memahami suatu fungsi bersifat bijektif dan mengetahui pula f bersifat surjektif. Namun subyek belum mampu menunjukkan jika f bukan injektif. Selain itu, subyek tidak mengetahui bahwa f bersifat bijektif maka f bersifat surjektif dan injektif. 3) Subyek pada tingkat tertinggi yaitu level pemahaman sebagai proses, bahwa subyek mampu membedakan f bijektif atau f bukan bijektif. subyek juga mampu menunjukkan jika f bijektif maka f injektif dan f surjektif.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username anitadewi
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:36
Last Modified: 31 Mar 2021 08:36
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item