PELEVELAN MODEL MENTAL SISWA DALAM MEMAHAMI PENGGUNAAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA SMP

Ninda Sintyah R, NSR and Junarti, Junarti and Anita Dewi Utami, ADU PELEVELAN MODEL MENTAL SISWA DALAM MEMAHAMI PENGGUNAAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA SMP. James: Journal of Mathematics Education and Science.

[img] Text
PELEVELAN MODEL MENTAL SISWA DALAM MEMAHAMI PENGGUNAAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA SMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Suatu domain belajar, pemahaman merupakan prasyaratan mutlak untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Pelevelan model mental siswa merupakan salah satu cara dimana seorang pengajar dapat meninjau sejauh manakah pemahaman siswa berdasarkan tingkatan masing – masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan enam level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema pythagoras pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa yang merupakan gabungan dari 30 siswa kelas VIII A dan 31 siswa kelas VIII B. Dua kelas subjek tersebut diambil agar terpenuhi keenam level model mental. Keenam puluh satu subjek tersebut diberikan soal tes, kemudian dipilih masing – masing dari perwakilan model mental yang telah memenuhi kriteria yaitu 2 siswa untuk diwawancarai. Sehingga terdapat 12 siswa yang menjadi responden wawancara. Untuk memastikan kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan dua cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi masing - masing level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema pythagoras.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username anitadewi
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:41
Last Modified: 31 Mar 2021 08:41
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item