Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro (Turnitin)

Hidayati, Nur Alfin (2020) Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro (Turnitin). Jurnal Educatio, 6 (2). pp. 462-468. ISSN 2548-6756

[img] Text
10. Turnitin_PENERAPAN METODE MIND MAP BERBASIS DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/art...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai kemampuan praktik berbicara pada mahasiswa Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan; (1) peningkatan keaktifan kemampuan berbicara dengan metode mind map berbasis drill pada mahasiswa tingkat IA Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020; (2) peningkatan hasil belajar kemampuan berbicara dengan metode mind map berbasis drill pada mahasiswa tingkat IA Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes praktik berbicara. Instrumen observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang keaktifan mahasiswa. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan berkas penelitian. Instrument wawancara digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan respon keaktifan mahasiswa dan dosen. Tes praktik berbicara digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang kemampuan berbicara mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) adanya peningkatan keaktifan mahasiswa pada siklus 1 sebanyak 64,2 % (18 orang) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 89,2% (25 orang); (2) adanya peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara yaitu pra-siklus yang tuntas sebesar 10% atau 3 orang, meningkat pada siklus 1 mahasiswa yang tuntas 64, 2 % atau 18 orang sedangkan pada siklus 2 tingkat ketuntasan meningkat sebesar 89,2 % atau 25 orang. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind map berbasis drill dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kemampuan berbicara mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Nur Alfin Hidayati
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:12
Last Modified: 08 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item