ANALISIS LEVEL PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP N 1 KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

SUTANTI, NUNUK TIKA TRI (2019) ANALISIS LEVEL PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP N 1 KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SAMPUL+PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (541kB)

Abstract

ABSTRAK Susanti, NTT. 2019. “Analisis Level Pemahaman Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas VIII SMP N 1 Kasiman Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Siswa, pemahaman konsep, Fungsi. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk Mendeskripsikan analisis level pemahaman siswa dalam memahami konsep matematika pada pokok bahasan fungsi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kasiman kelas VIII yang berlokasi di jalan Wonosari Sambeng Kasiman Bojonegoro jawa timur. Pemilihan sampel menggunakan metode sample bertujuan (Purposive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis level pemahaman dengan subyek MF, YA, AC, KN, SU, DA. Analisis data menggunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan data triangulasi mode. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) Subyek pada level pemahaman sebagai Instrumental, terlihat ketika subyek dapat membuat fungsi komponen dan menentukan relasi. 2) Subyek pada level pemahaman sebagai relasional, terlihat ketika subyek dapat menyajikan siatu funsi dalam bentuk diagram panah dan diagram kartesius, dapat menentukan domain dan kodomain. 3) Subyek pada tingkat tertinggi yaitu level pemahaman sebagai Logis, terlihat ketika subyek dapat membuat fungsi komponen dan menentukan relasi, dapat menyajikan siatu funsi dalam bentuk diagram panah dan diagram kartesius, dapat menentukan domain dan kodomain, serta subyek dapat memahami arti fungsi sesuai dengan pemahamannya sendiri dan mampu menentukan rumus fungsi f(x).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pemahaman Siswa, pemahaman konsep, Fungsi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:20
Last Modified: 02 Mar 2020 04:20
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item