OKTAVIYANI, FITRI (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Bab 1-3, sampul, pengesahan.pdf - Published Version Download (966kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviyani, Fitri. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Ditiinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Soko Tahun Pelajaran 2018/2019, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ahmad Kholiqul Amin,M.Pd.,(II) Anis Umi K.M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe STAD terhadap hasil belajar Garis dan Sudut. (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang maupun rendah?. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah?. (4) Pada masing-masing motivasi belajar, manakah yang memberikan hasil belajar yang lebih baik siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) atau model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2019 sampai Juli 2019 dengan populasi siswa kelas VII SMPN 1 Soko. Sampel penelitian ini diperoleh dengan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G SMPN 1 Soko yang berjumlah 64 siswa.instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, validitas butir soal dengan korelasi product moment, reliabilitas tes dengan rumus KR-20, derajat kesukaran butir soal, daya beda butir soal. Validitas instrument angket menggunakan validitas isi, konsistensi internal, reliabilitas angket digunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.. (2) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mempunyai motivasibelajar sedang maupun rendah. (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada model GI maupun STAD lebih baik dibanding siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah. (4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi pada model GI lebih baik dibanding siswa dengan motivasi tinggi pada model STAD. Kata kunci : GI, STAD, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GI, STAD, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 04:29 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |