PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT (PANTUN) MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KUNDURAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEWI, ARIE CANDRA KUSUMASTUTI (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT (PANTUN) MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KUNDURAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Cover+LembarPengesahan+Bab1-3.pdf - Published Version

Download (777kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Arie Kusumastuti Candra. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat (Pantun) Menggunakan Metode Sugestopedia Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kunduran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Fathia Rosyida, M.Pd., (II) Abdul Ghoni Asror, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan menulis, Puisi rakyat (pantun), metode sugestopedia, siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran. (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) Meningkatkan keterampilan menulis puisi rakyat (pantun) secara produk pada pembelajaran menulis puisi rakyat (pantun) dengan metode sugestopedia di kelas VII A SMP Negeri 1 Kunduran Blora. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggert yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengamatan dilakukan oleh mahasiswa peneliti dan didokumentasikan dalam catatan lapangan. Pada tahap refleksi, mahasiswa peneliti bersama guru kolabolator berusaha memahami proses, masalah dan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Peningkatan keterampilan menulis puisi rakyat (pantun) dengan perubahan metode pengajaran guru yaitu metode sugestopedia, guru lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. (2) Peningkatan perubahan perilaku siswa dan tingkah laku positif. Pada siklus II kondisi kelas lebih kondusif. Siswa yang kurang termotivasi tampak lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi rakyat (pantun), lebih percaya diri dan antusias mengikuti pembelajaran ini dengan metode sugestopedia.(3) Rata-rata nilai menulis puisi rakyat (pantun) pra tindakan sebesar 65,80 meningkat pada siklus I menjadi 73,80 dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,45. Jadi, kemampuan menulis puisi rakyat (pantun) siswa dari pra tindakan sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,65.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Puisi rakyat (pantun), metode sugestopedia, siswa SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Mar 2020 05:26
Last Modified: 02 Mar 2020 05:26
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item