Hidayati, Nur Alfin (2020) Peer Review Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Kearifan Lokal sebagai Bentuk Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMK Kudus, UMK Kudus.
Text
12.Peereview_StrategiBipa.pdf Download (505kB) |
Abstract
Arus globalisasi memiliki dampak yang cukup luas dalam segala aspek kehidupan. Salah satu dampak yang nampak dalam pembelajaran BIPA adalah kesiapan dan kedinamisan pembelajarannya di lapangan. BIPA dalam pembelajaran tantangannya ke depan cukup strategis. Dibutuhkan strategi khusus untuk mengajar BIPA yang efektif dan memperkenalkan kearifan lokal budaya Indonesia. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran BIPA dengan pendekatan saintifik berbasis kearifan lokal sebagai bentuk pengenalan keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka. Sumber data penelitian ini berupa buku dan jurnal baik nasional maupun international. Pengumpulan data dengan cara memperdalam pengetahuan peneliti tentang masalah dan bidang strategi pembelajaran BIPA dengan pendekatan Saintifik berbasis budaya kearifan lokal. Teknik analisis data menggunakan komparasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari kajian pustaka dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan saintifik berbasis budaya kearifan lokal sebagai alternatif strategi pembelajaran BIPA dapat memberikan referensi pengetahuan bagi peserta didik baik dari aspek kebahasaan, budaya, wisata dan lingkungan sosial, sekaligus mengaitkan dengan konteks pemakaian bahasa Indonesia di masyarakat Indonesia sebagai bentuk pengenalan keragaman budaya Indonesia.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Nur Alfin Hidayati |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 04:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 04:15 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |