PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN KEGIATAN MENULIS JURNAL DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PENILAIAN AUTENTIK

Hermawan, Musan (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN KEGIATAN MENULIS JURNAL DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PENILAIAN AUTENTIK. EDUTAMA, - (-). -. ISSN 2548-281X (Unpublished)

[img] Text
jurnal pak herman revise done.pdf

Download (379kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Salah satu cara alternatif yang dapat diterapkan untuk membiasakan dan melatihkan keterampilan menulis pada siswa, khususnya menulis paragraf adalah dengan menulis jurnal atau dalam istilah yang lebih umum dikenal dengan menulis buku harian. Rutinitas menulis jurnal yang dilakukan siswa memberi manfaat positif bagi perkembangan kemampuan menulis. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan analisis data menggunakan dasar analisis data model alir yang terdiri atas tiga tahapan yaitu (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan dan memverifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pembiasaan menulis jurnal secara berkelanjutan, siswa menjadi terbiasa menulis paragraf dan keterampilan menulis paragrafnya pun meningkat. Indikator peningkatan keterampilan menulis paragraf tersebut dapat dilihat dari tiga hal yaitu (1) kuantitas gagasan yang dihasilkan, (2) kualitas paragraf dan keantusiasan aktivitas dan motivasi siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan kegiatan menuiis jurnai ini dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mengekspresikan gagasan secara tertulis. Dengan terbiasa dan lebih sering menulis, kualitas paragraf-paragraf yang dihasilkan dapat semakin baik. Dengan, terbiasa menulis kreativitas siswa dalam menulis pun meningkat. Siswa semakin mudah dan terbiasa menemukan berbagai bahan atau gagasan yang dapat ditulisnya. Kata Kunci : keterampilan menulis; menulis jurnal; meningkatkan kemampuan menulis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:44
Last Modified: 25 Aug 2021 03:44
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item