Yuniati, Nanik (2021) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PPKN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMK PGRI 2 BOJONEGORO. EDUTAMA, - (-). -. ISSN 2548-281X (Unpublished)
Text
ARTIKEL NANIK.pdf Download (246kB) |
Abstract
Yuniati, Nanik. 2021. Peningkatan Motivasi Belajar PPKn Melalui Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd. (II) Drs. Sarjono, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar PPKn siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembelajaran yang dilakukan guru. Masih membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya variasi model dalam pembelajaran PPKn. Problem Based Learning adalah Pembelajaran yang memiliki esensi berupa penyuguhan berbagai bermasalah yang autentik dan bermakna kepada peserta didik, yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk melakukan investigasi dan penyelidikan. Di awal pembelajaran peserta didik diberi permasalahan terlebih dahulu selanjutnya masalah tersebut diinvestigasikan dan dianalisis untuk dicari solusinya. Jadi, peran guru dalam pembelajaran adalah memberikan fasilitas terhadap penyeledikan peserta didik. Tujuan Penelitian adalah Mengetahui dampak penerapan metode Problem Based Learning terhadap pembelajara PPkn kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dari 3 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi 4 (empat) tahapan yaitu: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro dengan 3(tiga) kali pertemuan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri 7 putra dan 19 putri. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dari siklus I, siklus II, siklus III dan dapat dilihat dari nilai kualitatif. Setelah melaksanakan penelitain tindakan kelas, disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 07:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 07:53 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
View Item |