PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANAWATI, LINA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Cover+Pengesahan+Bab1-3.pdf - Published Version

Download (653kB)

Abstract

ABSTRAK Anawati, Lina. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Agus Darmuki, M.Pd., Pembimbing (II) Cahyo Hasanudin , M.Pd. Kata kunci: menulis teks berita, media audio visual. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendiskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis teks berita, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP N 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun dalam jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan: 1) perencanaan yaitu rencana tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita, 2) tindakan yaitu pembelajaran apa yang akan dilakukan peneliti sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis teks berita, 3) observasi yaitu pengamatan terhadap kinerja guru dan siswa selama proses pembelajaran dan pengamatan terhadap hasil kerja siswa, 4) refleksi yaitu kegiatan mengkaji dan mempertimbangkan hasil pengamatan sehingga dapat dilakukan revisi terhadap proses belajar mengajar selanjutnya. Sedangkan hasil dari penelitian ini, dapat peneliti singkat dalam bentuk kesimpulan 1) ada peningkatan kearah positif aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran hal tersebut didukung dengan data penelitian yang menunjukkan rata-rata persentase indikator aktivitas guru siklus I 57,14% dan siklus II 91,6% kemudian untuk persentase aktivitas siswa siklus I 54,13% dan siklus II 92,86%, 2) hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan belajar dapat dikategorikan tercapai yaitu pada prasiklus nilai rata-rata 65,16, siklus I rata-rata 71,09, siklus II rata-rata 80,00. Dengan demikian dapat dilihat adanya perubahan nilai yang diperoleh siswa menjadi lebih baik saat menggunakan media audio visual, ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa berdampak positif dan memberikan kemudahan dalam pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:45
Last Modified: 03 Mar 2020 04:45
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item