ANTO, ANTO (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT TEKS BERITA MELALUI STIMULAN 5W+1H ( ADIKSIMBA ) KELAS VIII D SMP NEGERI 1 KUNDURAN TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Cover+Pengesahan+Bab1-3.pdf - Published Version Download (805kB) |
Abstract
ABSTRAK Anto. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Teks Berita Melalui Stimulan 5W + 1H ( Adiksimba ) pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Kunduran Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Institut Keguruan Dan Imu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) Bojonegoro, Pembimbing I: Dra. Fathia Rosyida, M.Pd, Pembimbing II: Abdul Ghini Asror, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Cepat, Teks Berita dan 5W + 1H (Adiksimba), Siswa SMP Negeri 1 Kunduran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) meningkatan aktivitas guru dalam proses pembelajaran, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) meningkatkan kemampuan membaca cepat teks berita pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Kunduran melalui stimulan adiksimba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II. Pengamatan dilakukan oleh mahasiswa peneliti dan didokumentasikan dalam catatan lapangan. Pada tahap refleksi, mahasiswa peneliti bersama guru kolabolator berusaha memahami proses, masalah dan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Kunduran. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya (1) peningkatan kemampuan membaca cepat dalam menentukan isi pokok berita dengan perubahan metode pengajaran guru melalui stimulan adiksimba. (2) Peningkatan perubahan tingkah laku siswa kearah yang positif setelah dilakukan pembelajaran membaca cepat teks berita melalui stimulan adiksimba. (3) Hasil rata-rata kecepatan efektif membaca (KEM) siswa pada prasiklus sebesar 173 kpm meningkat menjadi 198 kpm pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 217 kpm. Persentase peningkatan rata-rata kecepatan efektif membaca (KEM) pada prasiklus ke siklus I sebesar 14,45%, dari siklus I ke siklus II sebesar 9,59%, dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 24,04%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Cepat, Teks Berita dan 5W + 1H (Adiksimba), Siswa SMP Negeri 1 Kunduran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 04:54 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:54 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |