PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIIA MTs DARUL FALAH CEPU TAHUN AJARAN 2018/2019

LESTARI, YULIANA (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIIA MTs DARUL FALAH CEPU TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. COVER, PENGESAHAN, BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (509kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari Yuliana,2019. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Strategi Pembelajaran Team Game Tournament Pada Siswa Kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Sarjana IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr.Ahmad Hariyadi, M.Pd, (II) Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Peningkatan,Keaktifan, Team Games Tournament Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Team Games Tournament dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskripstif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes, dan dokumen. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Games Tournament, Hal ini dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, 2) Kemampuan siswa mengemukakan pendapat, 3) memberikan gagasan yang cemerlang, 4) Kerjasama dalam kelompok. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 51,78%. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 69,64%. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 80,35%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator pencapaian yakni 75%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan,Keaktifan, Team Games Tournament
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:31
Last Modified: 04 Mar 2020 08:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item