SHOLIHAH, NIKMATUS (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN TAMBAKREJO I TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
COVER+PENGESAHAN+BAB1-3.pdf - Published Version Download (771kB) |
Abstract
ABSTRAK Sholihah, Nikmatus. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Tambakrejo I Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Heru Ismaya, M.H. dan (II) Neneng Rika J.K. S.Pd. M.H. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Jigsaw. Siswa sering mengantuk dikarenakan cara menerangkan guru yang belum ada variasi lain dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran IPS, Guru kurang menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan, siswa kurang memperhatikan guru. pemilihan model pembelajaran jigsaw, diantaranya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi, dapat mengoptimalkan energi dan mengembangkan kreativitas guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa serta dapat membantu mendinamisir kelas yang jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN Tambakrejo I Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan seluruh siswa kelas V SDN I Tambakrejo Rengel Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,tes, dan dokuemntasi. Hasil penelitian di setiap siklus proses pembelajaran bahwa ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar pada materi IPS kelas V SDN 1 Tambakrejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I yaitu sebesar 57,14%, siklus I ke siklus II sebesar 64,29% , dan siklus II ke hasil aktivitas siswa belajar IPS terjadi peningkatan yang mana pada siklus I sebesar 75 %, dari siklus I ke siklus II sebesar 78.12%, dan dari siklus II ke sikus III sebesar 84,37. Sedangkan untuk aktivitas guru atau peneliti dalam proses pembelajaran didapatkan hasil siklus i sebesar 66,67%, dari siklus I ke siklus II sebesar 75 %, dan untuk hasil siklus II ke siklus III diperoleh hasil sebesar 83,33 %. Model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Tambakrejo Pada Materi IPS Tahun Ajaran 2019/2020. Kepada siswa diharapkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih tinggi dan untuk guru diharapkan dapat mengunnakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan alam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaran Jigsaw. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:39 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:39 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
View Item |