HERDIYANTI, ERFIAN AYU (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X-ASEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SANTIKA JIKEN KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
BAB I-III.pdf - Published Version Download (988kB) |
Abstract
ABSTRAK Herdiyanti, Erfian Ayu. H 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Sarjono, M.M. (II) Ali Noerddin, S.Si.,M.Pd Kata Kunci : Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh Tingkat pendidikan orang tua Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X-A Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X-A Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017, 3) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X-A Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 20 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua belajar terhadap prestasi belajar Hasil ini terlihat pada pengujian Uji t, dimana untuk tingkat pendidikan orang tua 2,673 dalam probabilitas 0,016>0,05 yang berarti bahwa variabel tersebut signifikan. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar. Hasil ini dapat dilihat dari sebesar 3,704 probabilitas 0,002 >0,05 yang berarti bahwa variabel minat belajar secara parsial berpengaruh signifikan. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji simultan dengan diperoleh sebesar 10,792 dengan probabilitas 0.001>0.05 yang berarti kedua variabel tingkat pendidikan orang tua dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 09:21 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 09:21 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |