NISWATI, UMMA UMMA (2023) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALHIDAYAH LAJUKIDUL. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SKRIPSI UMMA FINISH OKEEE_removed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Umma Niswati, Umma. 2023. Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Alhidayah Lajukidul. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., (II) Oktha Ika R.,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, prestasi belajar Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas VIII MTs Alhidayah Lajukidul Singgahan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah tehadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Alhidayah Lajukidul. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil dari analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas beserta uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukan kelas eksperimen Lobs<Ltab (0,137<0,188) dan kelas kontrol Lobs<Ltab (0,071<0,188) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, dapat disimpulkan bahwa masing-masing sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan uji F menunjukkan Fhitung<Ftabel (0,034<4,35) yang berarti Ho diterima, dapat disimpulkan bahwa variansi dari kelas eksperimen dan kontrol adalah sama (homogen). Selanjunya dari hasil uji hipotesis menunjukkan hasil bahwa harga thitung>ttabel (14,556>2,021), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memberikan hasil prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTs Al Hidayah Lajukidul.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:37 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2292 |
Actions (login required)
View Item |