UTOMO, EKO BUDI (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP CRITICAL THINKING SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI MAN 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
EKO BUDI UTOMO_NIM 19210034_removed.pdf Download (810kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap critical thinking siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan quasi eksperimental desain. Populasinya seluruh kelas X dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling dimana kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X C sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen 86,42 dan kelas kontrol dengan nilai rata- rata 78,47. Serta diperoleh nilai t hitung = 17,080 dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh t tabel = 2,001, sehingga t hitung adalah 17,226 > t tabel 2,001 dan bila dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan ada pengaruh metode pembelajaran small group discussion terhadap critical thinking siswa kelas X pada pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : Small Group Discussion., Critical Thinking
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:57 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:57 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2328 |
Actions (login required)
View Item |