ROZAK, ABDUL (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL HIKMAH SUMBERWANGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
sampul pengesahaan Bab 1-3.pdf - Published Version Download (851kB) |
Abstract
ABSTRAK Rozak Abdul. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Di MTs Al Hikmah Sumberwangi Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Dr Ifa Khoiria Ningrum,M.M. (II) Ayu Fitrianingsih, M.Pd. Kata kunci : Motivasi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar IPS. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Al Hikmah Sumberwangi Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimental (Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Hikmah Sumberwangi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sumpling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa.. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Tes diujicobakan untuk mengukur validitas isi berdasarkan pada indek formula aiken, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Perhitungan data awal menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh variansi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen,uji keseimbangan menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis thitung = dan ttabel = pada taraf signifikan 5% dengan dk = 58. Kesimpulan dari analisis data tersebut adalah ada pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII pada pelajaran IPS Di MTs Al Hikmah Sumberwangi tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 09:17 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 09:17 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |