EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023

RAHMAWATI, RINNA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI RINNA RAHMAWATI - 19310019_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahmawati, Rinna. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ali Noeruddin, S.Si., M.Pd., (II) Neneng Rika Jazilatul Kholidah, S.Pd., M.H. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan melibatkan 2 kelas yang terdiri dari 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam bentuk soal essay yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) memiliki nilai rata-rata sebesar 82,6, sedangkan kelas yang menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 73,57. Selanjutnya, dalam uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung > ttabel (4,033 > 2,007) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:20
Last Modified: 28 Nov 2023 08:20
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item