KHASANAH, USWATUN (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA MATHOLI’UL FALAH SIMO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
2. BAB 1,2,3.pdf - Published Version Download (878kB) |
Abstract
ABSTRAK Hasanah. Uswatun. 2019. “Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing. (I) Dr. Ifa Khoiria Ningrum, M.M. (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.H. Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung sebesar 3.169 lebih besar dari ttabel 2.016 (3.169 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung 4.087 lebih besar dari ttabel 2.016 (4.087 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai Fhitung 20,363 lebih besar dari Ftabel 3,21 (20,363 > 3,21) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 09:23 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 09:23 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
View Item |