PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA MATHOLI’UL FALAH SIMO TAHUN AJARAN 2018/2019

KHASANAH, USWATUN (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA MATHOLI’UL FALAH SIMO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. BAB 1,2,3.pdf - Published Version

Download (878kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanah. Uswatun. 2019. “Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing. (I) Dr. Ifa Khoiria Ningrum, M.M. (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.H. Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung sebesar 3.169 lebih besar dari ttabel 2.016 (3.169 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung 4.087 lebih besar dari ttabel 2.016 (4.087 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai Fhitung 20,363 lebih besar dari Ftabel 3,21 (20,363 > 3,21) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 05 Mar 2020 09:23
Last Modified: 05 Mar 2020 09:23
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item