EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

OKTAVIA, JETY (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI FULL JETY OKTAVIA MTK_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jety, Oktavia. 2023. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Anis Umi K, S.Pd., M.Pd., (II) Rika Pristian F. A, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Solving, Gaya Belajar Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Problem Solving efektif terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian data hasil belajar matematika dengan uji Paired Sample T-Test menyatakan nilai adalah -9,726. Nilai tersebut bermakna negatif, karena nilai rata-rata pretest lebih rendah dari nilai rata-rata posttest. Dalam hal ini maka nilai dapat bermakna positif sehingga menjadi 9,726. Sedangkan untuk nilai dengan dan derajat kebebasan ( ) dengan jumlah responden 24 siswa adalah 1,714. Maka dapat dilihat maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving cukup efektif dilaksanakan dalam proses belajar mengajar siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:13
Last Modified: 01 Dec 2023 02:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item