PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

QOMARIYAH, RIRIN (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI RIRIN QOMARIYAH 19310020-P.MATH_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qomariyah, Ririn, 2023. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Etnomatematika Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. M. Zainudin, M.Pd., (II) Dr. Ima Isnaini Taufiqur Rohmah, M.Pd. Kata Kunci : Instrumen Tes, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis etnomatematika untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang valid, praktis serta efektif diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation yang meliputi 4 tahapan yaitu : (1) tahap preliminary, (2) tahap self evaluation, (3) tahap prototyping, dan (4) tahap field tes. Berdasarkan uji validitas, instrumen tes berbasis etnomatematika dinyatakan valid dengan koefisien validitas sebesar 0,99. Hasil uji reliabilitas diperoleh skor total 0,90 yang berarti reliabilitas instrumen tes termasuk pada kategori sangat tinggi. Hasil uji tingkat kesukaran tergolong sedang dengan perolehan skor rata-rata 0,61. Hasil uji daya beda diperoleh skor akhir 0,25 yang berarti instrumen tes termasuk kategori cukup dalam artian dapat membedakan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah. Hasil uji tingkat kepraktisan menunjukkan hasil positif dengan perolehan rata-rata angket guru dan siswa sebesar 86%. Hasil analisis data kemampuan pemecahan masalah diperoleh skor akhir 61,3% dengan kategori baik. Hasil uji tingkat keefektifan diperoleh persentase 62,5% sehingga dapat disimpulkan instrumen tes yang dikembangkan memenuhi tingkat keefektifan dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:49
Last Modified: 01 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item