ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH TERPADU

MUTI’AH, SITI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH TERPADU. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
skripsi siti muti'ah (fikss)_removed.pdf

Download (478kB)

Abstract

Muti’ah, Siti. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, S.Pd., M.Pd., (II) Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan masalah, matematis, Materi peluang, Gender penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu pada materi peluang ditinjau dari gender. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai kunci atau instrumen utama. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Triangulasi yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dan data hasil wawancara. Data yang akan dibandingkan dalam penelitian ini adalah data hasil pekerjaan subjek dengan data hasil wawancara dengan subjek. Untuk triangulasi teknik yang digunakan adalah mengecek data dari sumber yang sama namun teknik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi peluang ditinjau dari gender siswa kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu maka diambil 6 siswa sebagai sampel. Sampel tersebut terdiri dari 3 siswa laki-laki yang memiliki nilai tinggi, sedang, dan rendah, serta 3 siswa perempuan memiliki nilai tinggi, sedang, dan rendah yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah menurut langkah-langkah Teori Polya. Dalam Teori Polya terdapat 4 indikator diantaranya yaitu (1) Memahami masalah. (2) membuat rencana penyelesaiaan. (3) melaksanakan cerita. (4) memeriksa kembali. Untuk 2 siswa yang memiliki nilai tinggi dapat dilihat bahwa kemampuan memahami masalah antara anak laki-laki dan perempuan lebih tinggi anak lakilaki, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes yang dikerjakan oleh siswa tersebut. Untuk 2 siswa yang memiliki kemampuan sedang memiliki kemampuan yang sama dalam mengerjakan soal. Untuk 2 siswa yang memiliki kemampuan rendah memiliki kemampuan kurang dalam memahami masalah sehingga hasil yang didapatkan memiliki kekurangan. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki dan perempuan lebih tinggi siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:59
Last Modified: 01 Dec 2023 02:59
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item