ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI ARKEOLOGI ASMARA KARYA DEDDY ARSYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SARI, FITRI WULAN (2023) ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI ARKEOLOGI ASMARA KARYA DEDDY ARSYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
FITRI WULAN SARI 19110013 _removed.pdf

Download (987kB)

Abstract

Fitri Wulan, S. 2023. Analisis Gaya Bahasa pada kumpulan Puisi Arkeologi Asmara Karya Deddy Arsya dan Relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd., (II) Moh. Fuadul Matin, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Bahasa, Pembelajaran, Kumpulan Puisi, Arkeologi Asmara Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada kumpulan puisi karya Deddy Arsya dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan analisis teknik Pustaka, teknik simak, dan catat yaitu pengumpulan data, penyeleksi data, analisis data, dan membuat laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya bahasa pada kumpulan puisi Arkeologi Asmara karya Deddy Arsya yang peneliti ambil yaitu terdapat gaya bahasa perbandingan yang ditemukan seperti pada gaya bahasa asosiasi, personifikasi, simbolik, depersonifikasi, sinekdok, dan sinestesia. Adapun gaya bahasa sindiran di mana penggunaan gaya bahasa sindiran meliputi gaya bahasa sinisme dan sarkasme. Kumpulan puisi Arkeologi Asmara karya Deddy Arsya juga menggunakan Gaya bahasa penegasan yang ditemukan penggunaan gaya bahasa penegasan meliputi gaya bahasa retorik, pleonasme, repetisi, antiklimaks, dan tautologi. Selanjutnya yaitu ditemukan penggunaan gaya bahasa pertentangan yang meliputi gaya bahasa hiperbola dan paradoks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:52
Last Modified: 01 Dec 2023 03:52
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item