EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUGIHWARAS

DESTIASA, ELLISA ICHA (2023) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUGIHWARAS. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Skripsi_Ellisa Icha Destiasa_19210013_removed.pdf

Download (977kB)

Abstract

Destiasa, Ellisa Icha. 2023. Eksperimentasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Fruri Stevani, S.Pd., M.Pd., (II) Boedy Irhadtanto, S. T., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Prestasi Belajar, Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Dimana pendekatan ini digunakan untuk meneliti data yang berupa angka-angka yang sudah diolah dan dianalisis dalam bentuk analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 128 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dilakukan dengan meminta dokumen-dokumen kepada pihak yang bersangkutan. Dokumentasi digunakan untuk menjaring data mengenai jumlah siswa dan prestasi belajar siswa. Sedangkan observasi digunakan untuk melihat keadaan kelas, mengamati perilaku peserta didik, apakah peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran secara baik atau memiliki minat belajar yang kurang, serta permasalahan-permasalahan lain yang sedang dihadapi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa terhadap pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras, dari hasil uji Paired Sampel T-Test dengan bantuan program SPSSv24.00 data menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi berlajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:15
Last Modified: 01 Dec 2023 06:15
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item