ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POLYA DITINJAU DARI GENDER KELAS X SMK DIRAHAYU KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2022/2023

SAFITRI, RISTYA DWI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POLYA DITINJAU DARI GENDER KELAS X SMK DIRAHAYU KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI RISTYA DWI SAFITRI (19310022)_removed.pdf

Download (907kB)

Abstract

Dwi Safitri, Ristya. 2023.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023 Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Dengan Model Pembelajaran Polya Ditinjau Dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd., (II) Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV), gender Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TSM dan MP2 SMK Dirgahayu Kedungadem dan subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa yaitu, 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dengan kategori tinggi dan rendah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes tulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian, subjek dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan menarik kesimpulan dari semua jawaban pada soal essay yang diberikan, walaupun subjek laki-laki tidak menulis secara keseluruhan langkah-langkah pengerjaannya tetapi saat wawancara dilaukan subjek ini mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar. Subjek dengan kategori rendah kurang mampu dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan menarik kesimpulan dari semua jawaban yang diperoleh pada soal essay yang diberikan, serta subjek merasa kesulitan dalam pengerjaannya. Kesimpulannya siswa perempuan kategori tinggi lebih unggul dibandingkan dengan siswa laki-laki dengan kategori tinggi, sedangkan siswa perempuan kategori rendah dan siswa laki-laki kategori rendah sama saja untuk keduanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:21
Last Modified: 01 Dec 2023 06:21
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item