PENGARUH PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMAN 1 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2022/2023

Shihab, Ahmad Alwi (2023) PENGARUH PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMAN 1 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-5 Beserta Lampiran Alwi 19210002_removed.pdf

Download (994kB)

Abstract

Shihab, Alwi Ahmad, 2023. Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah Terhadap Perilaku Bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M., (II) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah, perilaku Bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Pengaruh iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, (3) Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis. Populasi di penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 595 siswa, teknik sampling di penelitian ini menggunakan teknik Cluster random sampling, dengan rumus Slovin memperoleh dengan jumlah 86 siswa. Prosedur pengambilan data mengunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh antara pergaulan kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 3,114 > 1,988. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pergaulan kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku bullying, (2) terdapat pengaruh antara iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 dan nilai t hitung 2,610 > 1,988. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku bullying, (3) terdapat pengaruh antara pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan nilai f hitung 7,035 > 3,110. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah secara simultan berpengaruh terhadap perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:02
Last Modified: 01 Dec 2023 07:02
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item