ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A MTS SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOSEWU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

ERVINAYANTI, SEVTY (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A MTS SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOSEWU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI SEVTY (19310023)_removed.pdf

Download (814kB)

Abstract

Ervinayanti, Sevty. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Classroom. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd., (II) Abdul Ghoni A, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, PBL, Google Classroom Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelompok atas, tengah, bawah serta jenis kesalahan dalam mengerjakan soal Koordinat Kartesius kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu dengan model PBL berbantuan Google Classroom. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu dengan Subjek penelitian 3 kelompok yaitu atas, tengah dan bawah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian, (1) Kemampuan literasi matematika siswa kelompok atas, tengah, bawah pada model PBL berbantuan Google Classroom yaitu sebagai berikut: a) Siswa kelompok atas mampu mengerjakan sebanyak 4 soal dari 5 soal, mampu membaca soal, memahami masalah, trampil dalam proses mengerjakan, dan mampu menuliskan jawaban dengan tepat. b) Siswa kelompok tengah mampu mengerjakan sebanyak 4 soal dari 5 soal, mampu membaca soal, memahami masalah, mampu transformasi masalah, dan mampu menuliskan jawaban dengan tepat. c) Siswa kelompok bawah mampu mengerjakan sebanyak 2 soal dari 5 soal, mampu membaca soal dan transformasi masalah. Dan (2) Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal literasi matematika pada materi Koordinat Kartesius dengan model PBL yaitu sebagai beriku: a. Kesalahan siswa pada kelompok atas (KA) terletak pada soal nomer 1. Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang memahami rumus dan melakukan kesalahan transformasi masalah. b. Kesalahan siswa pada kelompok tengah (KT) terletak pada soal nomer 5. Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang memahami soal karena tergesagesa dan melakukan kesalahan ketrampilan proses. c. Kesalahan literasi matematika siswa pada kelompok bawah (KB) terletak pada soal nomer 1, 3 dan 5. Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang memahami soal tidak fokus, lupa dan tidak teliti serta melakukan kesalahan memahami masalah, kesalahan ketrampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Dec 2023 05:55
Last Modified: 06 Dec 2023 05:55
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item View Item