NURWIDIYANTI, DESTI RAMADHANI (2023) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SI ANAK PELANGI KARYA TERE LIYE. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SKRIPSI DESTI RAMADHANI N._removed.pdf Download (497kB) |
Abstract
Nurwidiyanti, Desti Ramadhani, 2023. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Abdul Ghoni Asror, S. Pd., M. Pd. Pembimbing (2) Novi Mayasari, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : novel, psikologi sastra, nilai pendidikan Penelitian tentang novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Novel merupakan karya sastra prosa yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Psikologi merupakan pendekatan untuk mempelajari karya sastra dengan memusatkan perhatian pada perilaku atau psikologi tokoh-tokohnya. Nilai Pendidikan adalah segala sesuatu yang berguna yang diberikan oleh seseorang secara sadar dan bertanggung jawab dalam untuk mengubah sikap dan perilaku mejadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat yang diperoleh dari hasil membaca novel dengan seksama. Sumber data dalam penelitian berupa dokumen sumber, seperti, buku- buku teori sastra, referensi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik simak, Teknik catat, dan penarikan simpulan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara membaca novel secara berulang-ulang, mencari dan mencatat, menganalisis data, menyimpulkan hasil. Hasil dari penelitian menunjukkan 77 psikologi sastra humanistik Abraham Maslow yang meliputi (a) 31 kebutuhan fisiologis, (b) 7 kebutuhan rasa aman, (c) 3 kebutuhan rasa cinta, (d) 20 kebutuhan harga diri, (e) 16 kebutuhan aktualisasi diri. Selain itu terdapat 76 nilai pendidikan yang meliputi (a) 10 pendidikan religius, (b) 44 pendidikan moral, (c) 18 pendidikan sosial, (d) 4 pendidikan budaya. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa psikologi sastra pada tokoh dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Adapun nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye meliputi nilai pendidikan pendidikan, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:07 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:07 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2408 |
Actions (login required)
View Item |