PENGEMBANGAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TUBAN UNTUK MELATIH STUDENT’S HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

MAULIDIYAWATI, MAULIDIYAWATI (2023) PENGEMBANGAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TUBAN UNTUK MELATIH STUDENT’S HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Maulidiyawati_19310011_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maulidiyawati, 2023. Pengembangan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tuban Untuk Melatih Student’s Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. M. Zainudin, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Ima Isnaini T. R., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Kearifan Lokal Kabupaten Tuban, Soal HOTS, SPLDV Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan soal HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Tuban pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII yang berkualitas. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan formative evaluation Tessmer yang terdiri dari 4 tahapan, yakni (1) tahap preliminary, (2) tahap self evaluation, (3) tahap prototyping dan (4) tahap field test. Hasil penelitian berupa 10 butir soal HOTS SPLDV berbasis kearifan lokal Kabupaten Tuban sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan (valid, reliabel, tingkat kesukaran, daya pembeda, praktis dan efektif). Hasil yang diperoleh pada uji validitas, soal tes dinyatakan sangat valid dengan koefisien validitas sebesar 0,875. Hasil uji reliabilitas soal tes termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,84. Hasil uji coba tingkat kesukaran soal tes oleh siswa diperoleh rata-rata 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji coba daya pembeda soal tes oleh siswa diperoleh skor akhir 0,48 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba tingkat kepraktisan oleh siswa diperoleh skor 77,8%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan soal tes termasuk dalam kategori positif. Hasil uji coba keefektifan soal tes oleh siswa diperoleh rata-rata 62,96% yang termasuk dalam kategori baik dan memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:18
Last Modified: 07 Dec 2023 04:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item