RAHMASARI, NUR FADZILA (2023) ANALISIS KETERCAPAIAN PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA (SUARA DEMOKRASI) DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS PERIODE 2022/2023 DI SMP NEGERI 1 KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SKRIPSI NUR FADZILA R_removed.pdf Download (622kB) |
Abstract
Rahmasari, Nur Fadzila. Analisis Ketercapaian penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Suara Demokrasi) dalam Pemilihan Ketua OSIS Periode 2022/2023 di SMP Negeri 1 Kedungpring. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M. H., (II) Drs. Heru Ismaya, M.H. Kata Kunci: Ketercapaian, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pemilihan Ketua OSIS. SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan salah satu sekolah yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Permasalahan yang peneliti dapatkan saat melakukan wawancara awal adalah sistem demokrasi sekolah yang dikemas dalam Pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022 kurang mengena pada siswa-siswa sehingga Pemilihan Ketua OSIS tidak bisa berjalan dengan lancar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini akan menggunakan teknik analisis data berawal dari reduksi data, penyajian data, dan sampai ke kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema(Suara demokrasi) dalam pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 di SMP Negeri 1 Kedungpring tercapai dibuktikan dengan 3 point yang telah dijelaskan pada hasil pembahasan: Pertama, peran siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan fasilitator pendamping kelas sebagai lembar kerja siswa. Hal itu dilakukan melalui memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kedua, peran siswa dalam berfikir kritis pada tiap-tiap rangkaian proses pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ialah mendorong siswanya untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan jawaban yang logis dan benar. Ketiga, peran siswa dalam merencanakan, mengeksplorasi pikiran, dan menuangkannya pada saat pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ialah tugas fasilitator pendamping kelas untuk membantu mensukseskan menuangkan ide siswa supaya siswa paham akan bagaimana sistem demokrasi di sekolah yang benar. Jika siswa terbiasa menerapkan setiap tahun maka sistem demokrasi di sekolah akan semakin bagus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 06:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 06:56 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |