STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

YULIANTI, SISWANTI IKA (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI_Siswanti Ika Y(19220015)_removed.pdf

Download (575kB)

Abstract

Yulianti, Siswanti Ika . Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMP N 1 Soko . Skripsi , Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan . Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Heri Ismaya, M.H. Kata Kunci : Strategi Guru, PPKn, Berfikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan arus globalisasi dan juga tuntutan zaman, generasi muda tentu akan menjadi generasi penerus bangsa yang memimpin dan membawa perubahan bagi bangsanya kearah yang lebih baik. Berfikir kritis , rasional, dan kreatif melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP N 1 Soko. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Soko dengan jumlah 286 siswa, berdasarkan teknik sampling , dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 10 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif. Model ini berawal dari pengumpulan data, mendisplay data, dan sampai ke verifikasi dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, strategi yang dilakukan guru mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspotori, heuristic dan reflektif. Strategi ini melibatkan penyampaian materi secara verbal, mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, dan merefleksikan pembelajaran sebelumnya. Penggunaan strategi ini berhasil meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Kedua, untuk kemampuan berfikir kritis yang dimiliki oleh siswa di SMP N 1 Soko berada pada tingkat yang bagus menurut guru pengajar PPKn sebagaimana dipertimbangkan melalui pengalaman belajar siswa sehari hari sesuai dengan kriteria dan indikator berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:06
Last Modified: 12 Dec 2023 07:06
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item