Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Materi Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer

Cahyaningrum, Yuniana and Cuhanazriansyah, Muhammad Rinov (2023) Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Materi Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8 (2). pp. 221-226. ISSN 2541-3317

[img] Text
2023_Repo_Pemanfaatan Elearning_Yuniana_Sinta4.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/index

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan telah menjadi keharusan dalam menghadapi era digital saat ini. Salah satu implementasinya adalah dengan penggunaan E-Learning sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam proses pembelajaran materi Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer. Pendekatan E-Learning berbasis Moodle telah menjadi tren dalam pendidikan tinggi dan dapat menyediakan akses pembelajaran yang fleksibel, memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini akan mengevaluasi efektivitas dan efisiensi penggunaan Moodle sebagai platform E-Learning dalam pengajaran materi Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer. Penelitian ini mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan dan pengembangan konten E-Learning, serta pengujian terhadap mahasiswa yang menggunakan platform Moodle. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang sejauh mana Moodle dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dasar arsitektur dan organisasi komputer. Penelitian ini harapannya dapat memberikan panduan bagi dosen selaku pendidik dalam penggunaan teknologi E-Learning berbasis Moodle sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien terutama pada matakuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Bojonegoro. Sebagai tambahan dimasa depan penelitian ini dapat membantu dalam memahami tantangan dan potensi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tinggi”.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:48
Last Modified: 28 Dec 2023 03:48
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item