IMPLEMENTATION OF THE C-CHIL LEARNING MODEL IN HIGHER EDUCATION IN THE ERA OF SOCIETY 5.0

Cuhanazriansyah, Muhammad Rinov (2023) IMPLEMENTATION OF THE C-CHIL LEARNING MODEL IN HIGHER EDUCATION IN THE ERA OF SOCIETY 5.0. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 5 (4). ---. ISSN -

[img] Text
2023_Repo_Implementation of The C-CHIL.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://journalpedia.com/1/index.php/jsti/index

Abstract

Pendidikan di era Society 5.0 semakin membutuhkan keterampilan yang lebih banyak dibandingkan era sebelumnya. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran baru yang membekali mahasiswa untuk berpikir kritis, kreatif dan mandiri untuk meningkatkan proses pembelajarannya dengan menggunakan hybrid learning pada mata kuliah Pemrograman Web. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model yang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran hybrid berbasis Moodle melalui penelitian Research and Development (R&D), yaitu membangun model pembelajaran yang sesuai melalui media pembelajaran. Uji model Critical Creative Hybrid Independent Learning (C-CHIL) dilakukan terhadap (1) kualitas yang meliputi isi dan konstruk model serta (2) kelayakan. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang ahli pembelajaran dengan menggunakan instrumen angket dengan skala likert 1-4. Hasil uji model C-CHIL menunjukkan (1) rata-rata uji validitas isi sebesar 3,73 yang berarti sangat valid; (2) rata-rata uji Kelayakan sebesar 3,63 yang berarti juga sangat valid. Dengan demikian, model C-CHIL memenuhi syarat valid (isi dan konstruk) dan layak digunakan oleh siswa berdasarkan pendapat ahli. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa model C-CHIL dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan mandiri khususnya pada proses pembelajaran mandiri pada mata kuliah Pemrograman Web di perguruan tinggi.Kata Kunci:C-CHIL Model, Penelitian dan Pengembangan, Perguruan Tinggi, Society 5.0, Pemprograman Web.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:45
Last Modified: 28 Dec 2023 04:45
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item