PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MALO KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CHOIRINA, ALVI NUR (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MALO KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
sampul+lembar pengesahan+1-3.pdf - Published Version

Download (893kB)

Abstract

ABSTRAK Choirina, Alvi N. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Madrasah Aliyah Islamiyah Malo Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs.Sarjono.M.M., (II) Ali Noeruddin S.Si.,M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran LCD, Gaya Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Madrasah Aliyah Islamiyah Malo Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran LCD dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yang terdiri dari 60 siswa kelas X1 IPS 1 dan IPS 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan angket. Angket ini digunakan untuk mengetahui nilai signifikan hasil media pembelajaran LCD dan gaya belajar. Data yang sudah dikumpulkan diuji dengan uji Validitas, uji reliabilitas,uji prasyarat analisis, uji regresi berganda serta uji hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil uji nilai signifikan media pembelajaran LCD 0.000<0,05 maka hipotesis ditolak, artinya secara parsial variabel media pembelajaran LCD berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y). Pengujian terhadap gaya belajar diketahui nilai signifikan (0.000<0.05) maka hipotesis ditolak, artinya secara parsial variabel gaya belajar berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y). Dari hasil uji F Hasil secara simultan diketahui nilai signifikan yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0,05) maka hipotesis ditolak, artinya secara simultan (bersama-sama) variabel independen (media pembelajaran LCD dan gaya belajar) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (hasil belajar). Jadi media pembelajaran LCD dan gaya belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Madrasah Aliyah Islamiyah Malo Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran LCD, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:06
Last Modified: 06 Mar 2020 03:06
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item