Penerapan Artificial Intelligence Menggunakan Fuzzy Logic dalam Dunia Pendidikan

Yuniana Cahyaningrum, S.Kom., M.Kom., YC (2023) Penerapan Artificial Intelligence Menggunakan Fuzzy Logic dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Amplifier, 13 (2). pp. 62-68. ISSN P-ISSN 2089-2020 dan E-ISSN 2622-2000

[img] Text
Artikel_Penerapan Artificial Intelligence Menggunakan Fuzzy Logic_Yuniana.pdf

Download (338kB)
Official URL: https://ejournal.unib.ac.id/jamplifier/article/vie...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan fuzzy logic dalam dunia pendidikan. Topik kecerdasan buatan telah menjadi pembicaraan yang hangat dan penting saat ini. Fuzzy logic memungkinkan pengolahan suatu informasi yang tidak tegas dan dipergunakan untuk mengatasi ketidakpastian yang ada dalam dunia pendidikan. Artikel ini membahas mengenai penggunaan teknik fuzzy logic untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu penerapan fuzzy logic ada pada pengembangan sistem penilaian otomatis yang dipergunakan oleh dosen dalam memberikan penilaian kepada mahasiswa pada proses pembelajaran. Fuzzy logic dapat melakukan penilaian secara obyektif dan memungkinkan penyesuaian kurikulum yang lebih cocok berdasarkan kemampuan interpersonal mahasiswa yang nantinya dapat meningkatkan efisiensi proses pembelajaran.Penggunaan fuzzy logic dapat memberikan rekomendasi proses pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam menemukan materi yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Fuzzy logic dapat dipergunakan untuk mengukur perkembangan mahasiswa dalam aspek kognitif sosial dan emosional. Penerapan AI dengan fuzzy logic ini bertujuan menghasilkan peningkatan mutu pendidikan dan pengalaman belajar mahasiswa dalam dunia pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Yuniana Cahyaningrum
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:27
Last Modified: 22 Jan 2024 04:27
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item