Lia Sofia, LS and Yuniana Cahyaningrum, S.Kom., M.Kom., YC and Zulfa Fauzul Muna, ZFM (2023) Tren Inovasi Terbaru dalam Pendidikan dan Pembelajaran : Bagaimana Mengubah Cara Kita Belajar. Prosiding SEMINAR NASIONAL FPMIPA 2023, 1 (1). pp. 227-239.
Text
Artikel_Tren Inovasi Terbaru dalam Pendidikan dan Pembelajaran_Yuniana.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kontribusi teknologi dalam mengubah cara kita belajar. Metode penelitian ini dibuat dengan Systematic Literature Review (SLR) yakni dengan pencarian literatur, memilih sumber yang jelas, melakukan identifikasi secara mendalam, penyeleksian literatur, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menelusuri 7 artikel nasional yang diperoleh dari database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish (PoP). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang inovasi terbaru dalam pendidikan dan pembelajaran yang dapat mengubah cara kita belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi memiliki kontribusi yang signifikan dalam mengubah cara kita belajar. Pengklasifikasian kontribusi teknologi dalam pembelajaran ada 5 yaitu : aksesibilitas dan fleksibilitas, peningkatan pemahaman dan efektivitas, personalisasi dan kolaborasi, peningkatan kualitas dan keanekaragaman pembelajaran, mendorong inovasi dan berpikir kritis. Namun, teknologi hanyalah alat, dan keberhasilan pendidikan masih tergantung pada kualitas perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dengan bijak dan efektif sangatlah penting.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Yuniana Cahyaningrum |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:26 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:26 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2441 |
Actions (login required)
View Item |