Kolaborasi Pembelajaran melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan

Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, MRC and Yuniana Cahyaningrum, S.Kom., M.Kom., YC and Nurlita Abelianti, NA (2023) Kolaborasi Pembelajaran melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding SEMNAS FPMIPA 2023, 1 (1). pp. 208-213.

[img] Text
Artikel_Kolaborasi Pembelajaran melalui Pendekatan TaRL.pdf

Download (227kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan mengkolaborasikan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yang menekankan terhadap daya praktikalitas daripada teoritas. Dimana pada penerapan model PBL yang mengacu kepada permasalahan secara real life yang sesuai dengan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuannya, agar dapat terciptalah sinkronisasi antara pembelajaran praktikalitas dengan kebutuhan industri saat ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis diperoleh pada siklus I ketuntasan sebesar 67% dengan kategori baik, pada siklus II sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada penjurusan materi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 01 Kota Bengkulu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Yuniana Cahyaningrum
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:26
Last Modified: 22 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item