Amir, Day Ramadhani and Lestari, Sely Ayu (2024) Implementasi nilai filosofis sila pertama pancasila dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada pendidikan teknologi informasi. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5 (1). pp. 44-51. ISSN 2503-1619
Text
Artikel 2.pdf Download (599kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang implementawsi nilai filosofi sila pertama Pancasila di mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi karena banyak mahasiswa saat ini yang lupa dengan implementasi Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari nilai filosofis Ketuhanan Yang Maha Esa yaitu Konsep Ketuhanan pada Pancasila, Implikasi Ketuhanan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Interpretasi Sila Pertama Pancasila dalam Konteks Kontemporer. Kuatnya dimensi ketuhanan didalam pemikiran the foundings fathers dalam mendirikan negara berketuhanan tercermin dan ditegaskan setelah disepakatinya rumusan dasar negara “Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam Pembukaan UUD 1945. Sebagai sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa memberikan nafas sekaligus roh bagi keseluruhan sila-sila Pancasila. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila menunjukkan bahwa eksistensi negara, bangsa, dan manusia Indonesia berelasi dengan Tuhan yang diyakini sebagai sumber segala kebaikan. Serta merupakan fundamen moral dan berdimensi religius yang menentukan pola dasar bagi seluruh kehidupan negara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2626 |
Actions (login required)
View Item |